Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas minggu ke-4

Komunitas Online

            Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya.
            Sebagian besar anggota sebuah komunitas nyata memanfaatkan komunitas online sebagai media berbagi yang nyaman dan leluasa. Tidak semua komunitas nyata mempunyai komunitas online, tetapi akan lebih baik jika keduanya saling melengkapi dan dimanfaatkan. Dengan adanya sebuah komunitas online, maka anggotanya akan memperoleh manfaat yang lebih besar jika dibanding suatu komunitas nyata tanpa komunitas online. Keunggulan dengan adanya keberadaan komunitas online melahirkan cara komunikasi yang tidak terikat oleh jarak dan waktu, sehingga dimungkinkan untuk mempererat solidaritas antar anggota (karena sering berkomunikasi).
            Interaksi sosial dalam hal tatap muka secara langsung antar anggota sangat diperlukan untuk membangun komunitas yang solid, karena dengan menjalankan komunitas nyata dan online secara bersamaan dengan sendirinya akan menaikkan popularitas sebuah komunitas. Masalah yang sering dihadapi dalam pemanfaatan komunikasi online justru bukan karena kurangnya interaksi tatap muka antar anggota, tetapi lebih kepada cara penggunaan dan kebiasaan dalam memanfaatkan komunitas online.

Beberapa contoh komunitas online di Indonesia :
1.      KASKUS
-          Sejarah singkat
      Saya mulai dari KASKUS. Kaskus adalah suatu situs yang berbentuk FORUM dan merupakan forum internet terbesar di Indonesia. Diciptakan pada tanggal 6 November 1999 hingga saat ini Kaskus memiliki anggota 4.418.059 orang pada saat saya menulis artikel ini.
      Update terbaru dari KASKUS, mereka merubah domain dari http://www.kaskus.us menjadi http://www.kaskus.co.id, sayangnya perubahan itu tidak disertai fasilitas redirect dari domain lama, hal ini tentunya menyulitkan pengguna yang sudah mem-bookmark atau yang telah terbiasa dengan domain lama.
-          Ciri khas
      Anggota Komunitas Kaskus mendapat julukan "Kaskuser". Ciri khas yang sangat menonjol dari komunitas ini adalah sebagian besar pengguna, memanggil pengguna lain dengan sebutan "GAN" atau kependekan dari JURAGAN, Dengan panggilan tersebut, Kaskuser mendapatkan persamaan derajat, karena logikanya, tentu saja kalo semua dipanggil GAN, maka otomatis semua KASKUSER adalah JURAGAN.
      Komunitas Online Kaskus terbagi-bagi dalam setiap thread, biasanya mereka mengadakan KOPDAR (Kopi Darat) atau Gathering menurut thread yang sering diikutinya. Misalnya Supranatural, Regional (menurut lokasi masing-masing), Komputer, Games, dll.
-          Positif dan negatif
      Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari forum Kaskus ini,  info-info menarik ter-update bisa kita temukan disitu sesuai dengan minat kita, saking up-to-date nya, bahkan saya berani bilang kalo kaskus adalah kiblat forum-forum Indonesia. Banyak postingan dari pengguna Kaskus yang diadopsi oleh pengguna forum lain.
      Forum jual beli di kaskus juga banyak penggunanya, hampir semua produk dan jasa bisa kita temukan dengan mudah.
      Meskipun demikian, bukan berarti kaskus gag ada minusnya loh, saya tahu bahwa kaskus banyak penggunanya. Wajar saja kalo kaskus sering "Over Posting" dimana dalam kondisi tersebut, kita tidak akan bisa mengakses kaskus untuk sementara waktu. Selain itu, banyak kasus penipuan yang terjadi di forum jual beli yang mengakibatkan menurunnya kepercayaan masyarakat untuk bertransaksi secara online, padahal kan prospek jual-beli online sebenarnya sangat bagus.
2.      MIG33
-          Sejarah singkat
      Mig33 dirilis pada bulan Desember 2005 sebagai komunitas Internet mobile pertama dan telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat. Dengan berjuta-juta pelangan di lebih dari 200 negara, pelayanan ini telah menguasai dunia secepat kilat, menyebar berkat rekomendasi dari para usernya. Hingga saat artikel ini diterbitkan, user mig33 mencapai 30 juta orang di dunia, dan sebagian besar penggunanya adalah INDONESIA.
      Konsep awal Mig33 sebenarnya adalah untuk aplikasi chatting mobile platform namun semakin berkembangnya teknologi dunia maya, Mig33 melebarkan sayapnya. Mig33 menciptakan game online, pertukaran virtual gift, sistem virtual monetary, dan yang terbaru adalah mini blog, sebuah jejaring sosial ala Mig33.
-          Ciri khas
      Anggota Komunitas Mig33 terbagi-bagi dalam setiap Chat Room. Mereka saling berinteraksi sesama anggota room-nya masing-masing. Biasanya user Mig33 mengadakan KOPDAR rutin dengan rentang waktu yang mereka tentukan.
      Sesuatu yang khas melekat pada user Mig33 adalah, penggunaan kata-kata umum yang disingkat-singkat, (mengingat konsep awal Mig33 adalah untuk platform mobile device) misalnya kata ASKUM yang berasal dari kata Asalamu Alaikum dan kata LEP yang berasal dari kata Left / Keluar dari Chat Room.
-          Positif dan negatif
      Untuk tujuan menghilangkan kejenuhan, Mig33 adalah salah satu alternatif yang sangat baik. Selain itu, mencari teman dengan mudah dapat kita lakukan di Mig33 hanya dengan memasuki Chat Room dengan karakter orang yang berbeda-beda disana.
      Minusnya Mig33 adalah, tidak ada keterbatasan konten yang membuat penyebaran hal negatif dapat dilakukan di Mig33, mengingat Mig33 adalah aplikasi chat segala usia yang mana semua usia dapat menggunakan aplikasi ini tentunya hal ini sangat riskan untuk pengguna dengan usia dini.
      Selain itu, banyaknya pengguna yang melakukan spamming, abusing, flooding, yang membuat jenuh dan juga otomatis memakan bandwidth yang banyak.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar